Teknik Promosi Buku 

Resume ke       : 28

Gelombang       : 22

Tanggal            : Senin, 6 Desember 2021

Tema                : Teknik Promosi Buku

Narasumber     : Akbar Zainudin

“Gagasan seorang penulis adalah hal-hal yang menjadi kepeduliannya.” – John Gardner --

Masuk ke resume yang ke 28 yuk. Kali ini kita akan membahas tentang ‘Teknik Promosi Buku’ dengan pemateri Bapak Akbar Zainudin seorang penulis novel terkenal Man Jadda Wajada dan dimoderatori oleh Bapak Dail Ma’ruf. Novel Man Jadda Wajada adalah salah satu novel best seller yang sudah sampai di cetakan ke 13 dan dicetak sebanyak 55.000 eksemplar. Hingga saat ini Bapak Anwar sudah menulis 15 buku sejak 2010. Kesuksesan ini bukan berarti tanpa alasan. Perlu strategi dan teknik promosi yang baik agar buku bisa menjadi best seller. Simak ulasannya ya.

Ada 4 Strategi/ Cara Promosi Buku Agar Best Seller

1.    Product

Produknya apa? Misalnya buku, buku tentang apa? Lebih lanjut Pak Anwar menjelaskan bukunya tentang menulis berjudul UKTUB: Panduan Menulis Buku dalam 180 Hari. Dalam buku ini membahas panduan menulis dari A sampai Z. Ada 150 alamat penerbit yang bisa dikirimi naskah anggota IKAPI. Misalnya lagi buku terbaru, The Power of Man Jadda Wajada. Buku ini semacam penyempurnaan dari seri pertama. Produknya harus jelas, sangat diperlukan oleh masyarakat, menarik, dan memiliki  nilai jual sehingga bisa dicetak dalam jumlah yang sangat banyak.

2.    Price

Pada poin dua ini berkaitan dengan harga. Harganya umum atau premium. Tentunya sesuai dengan kebutuhan pembaca.

3.    Place of distribution

Poin ketiga berkaitan dengan tempat pendistribusiannya, misalnya tradisional atau non tradisional. Tradisional contohnya toko buku sedangkan non tradisional contohnya penjualan langsung, online, menggunakan sosial media, dan market place yang lainnya.

4.    Promotion

Promosi bisa dilakukan oleh penulis atau pun penerbit, misalnya dalam kegiatan launching buku, bedah buku, zoom atau webinar, fasilatas sosial media yang dimiliki, seminar, workshop, membangun komunitas, reseller, dan lain sebagainya. Setiap hari bisa melakukan promosi di sosial media, misalnya instagram, facebook, twitter, tik tok, dkk. Promosi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya quotes, kutipan buku, copywrithing, diskusi buku, dan foto buku.

Selain 4 hal di atas, ada pula yang membantu proses penjualan buku, yaitu keterampilan berbicara di depan umum, kemampuan copywrithing (membuat kata menarik untuk promosi dan penjualan), dan pemanfaatan teknologi informasi, misalnya youtube, webex, google, meet, zoom, dan sosial media lainnya.

Comments

Popular posts from this blog