Teknik
Promosi Buku
Resume
ke : 28
Gelombang : 22
Tanggal : Senin, 6 Desember 2021
Tema : Teknik Promosi Buku
Narasumber : Akbar Zainudin
“Gagasan seorang penulis adalah hal-hal yang menjadi kepeduliannya.” – John Gardner --
Masuk
ke resume yang ke 28 yuk. Kali ini kita akan membahas tentang ‘Teknik Promosi
Buku’ dengan pemateri Bapak Akbar Zainudin seorang penulis novel terkenal Man Jadda Wajada dan dimoderatori oleh Bapak
Dail Ma’ruf. Novel Man Jadda Wajada
adalah salah satu novel best seller
yang sudah sampai di cetakan ke 13 dan dicetak sebanyak 55.000 eksemplar. Hingga
saat ini Bapak Anwar sudah menulis 15 buku sejak 2010. Kesuksesan ini bukan
berarti tanpa alasan. Perlu strategi dan teknik promosi yang baik agar buku
bisa menjadi best seller. Simak ulasannya
ya.
Ada
4 Strategi/ Cara Promosi Buku Agar Best Seller
1. Product
Produknya apa? Misalnya
buku, buku tentang apa? Lebih lanjut Pak Anwar menjelaskan bukunya tentang
menulis berjudul UKTUB: Panduan Menulis
Buku dalam 180 Hari. Dalam buku ini membahas panduan menulis dari A sampai
Z. Ada 150 alamat penerbit yang bisa dikirimi naskah anggota IKAPI. Misalnya lagi
buku terbaru, The Power of Man Jadda
Wajada. Buku ini semacam penyempurnaan dari seri pertama. Produknya harus
jelas, sangat diperlukan oleh masyarakat, menarik, dan memiliki nilai jual sehingga bisa dicetak dalam jumlah
yang sangat banyak.
2. Price
Pada poin dua
ini berkaitan dengan harga. Harganya umum atau premium. Tentunya sesuai dengan
kebutuhan pembaca.
3. Place of distribution
Poin ketiga
berkaitan dengan tempat pendistribusiannya, misalnya tradisional atau non
tradisional. Tradisional contohnya toko buku sedangkan non tradisional
contohnya penjualan langsung, online,
menggunakan sosial media, dan market
place yang lainnya.
4. Promotion
Promosi bisa
dilakukan oleh penulis atau pun penerbit, misalnya dalam kegiatan launching buku, bedah buku, zoom atau webinar, fasilatas sosial media yang dimiliki, seminar, workshop, membangun komunitas, reseller, dan lain sebagainya. Setiap hari
bisa melakukan promosi di sosial media, misalnya instagram, facebook, twitter, tik tok, dkk. Promosi ini bisa
dilakukan dengan berbagai cara misalnya quotes,
kutipan buku, copywrithing, diskusi
buku, dan foto buku.
Selain
4 hal di atas, ada pula yang membantu proses penjualan buku, yaitu keterampilan
berbicara di depan umum, kemampuan copywrithing
(membuat kata menarik untuk promosi dan penjualan), dan pemanfaatan teknologi
informasi, misalnya youtube, webex,
google, meet, zoom, dan sosial media lainnya.
Comments
Post a Comment